Tugas Kuliah Planologi-Teori Perencanaan


BIOMIMICRY PLANNING


1.    Apa yang  bisa didapatkan dari pelajaran alam ini untuk keperluan planning?
Ilmu yang mempelajari mekanisme kerja di alam khususnya makhluk hidup sebagai model untuk ditiru desain dan konsepnya yang diaplikasikan dalam kehidupan dalam bentuk teknologi disebut sebagai biomimikri (innovation inspired by nature) yang muncul sejak awal tahun 1982 oleh Janine Benyus. Biomimikri dalam teori perencanaan tidak langsung dikaitkan dengan ilmu perencanaan tetapi dengan berbagai multidisiplin dalam perencanaan seperti bidang teknik, biologi, ekonomi, sosial, dan arsitektur. Penerapan biomimikri menjadi inovasi untuk mendukung perencanaan yang lebih baik dan menjadi solusi dari masalah perencanaan dengan konsep yang lebih ramah lingkungan dengan konsep dari alam. Hal yang didapatkan dari pelajaran alam ini untuk keperluan planning yaitu mengaplikasikan 3 tingkatan konsep tema biomimikri yaitu tingkat organisme, tingkat perilaku dan tingkat ekosistem dengan konsep desain arsitektural yang menghasilkan implementasi dari alam yang diterapkan dalam perencanaan sehingga terjadi keharmonisan antara manusia, bangunan dan lingkungan sekitar.

2.    Apa saja langkah yang sudah berjalan dengan biomimicry tersebut?

Prinsip biomimikri dalam perancangan yaitu meniru sistem yang berasal dari alam, meniru proses yang berasal dari alam dan meniru bentuk yang berasal dari alam. Banyak langkah yang sudah berjalan dengan biomimikri baik itu dalam perencanaan suatu ruang, perancangan bangunan maupun pembuatan teknologi terbaru. Untuk perencanaan sendiri, biomimikri lebih menekankan pada kawasan yang memiliki ruang terbuka, menggunakan sirkulasi udara alami sehingga penggunaan energi berkurang dan menjadi solusi dari perencanaan tapak dalam membuat zonasi ruang yang nyaman untuk manusia dan lingkungan sekitar. Adanya biomimikri ini juga akan menambah nilai estetika suatu kawasan maupun bangunan yang ramah lingkungan dan memiliki tujuan keberlanjutan, serta mengajak untuk melihat alam sebagai model, ukuran dan mentor.
Berikut adalah beberapa contoh implementasi dari biomimikri dalam perencanaan diantaranya:

  • Sahara Forest Project, Michael Pawlyn menghadirkan air pada gurun sahara yang gersang dengan mengadopsi gaya kumbang gurun yang mampu menciptakan dan mengelola embun. Kumbang ini memiliki bentuk sayap bersifat hidrofil untuk menangkap embun dan memiliki unsur lilin untuk membuat embun tetap bulat, sehingga dalam penerepannya dapat menangkap dari air dari embun pada malam hari lalu dialirkan ke tempat penampungan.
  • NMB Building di Amsterdam, dengan konseo green yang mengadopsi gaya tumbuhan, dengan bentuk yang cenderung berlekuk layaknya kumpulan tumbuhan di taman. Dengan bentuk seperti posisi kaca berad dalam posisi mampu memasukkan cahaya alami seoptimal mungkin sehingga dapat menghangatkan ruangan akibatnya penggunaan energi lisrik pada siang hari berkurang.
  • Eastgate Center, Mick Pearce dengan ventilasi yang terinspirasi oleh rayap untuk mendinginkan kantor dan pusat perbelanjaan di Zimbabwe melalui udara luar. Rayap membuka dan menutup seluruh gundukan untuk mengelola arus konveksi udara, bangunan yang inovatif ini menggunakan desain dan perencanaan yang serupa dan mengonsumsi kurang dari 10% energi dalam bangunan konvensional ukuran yang sama.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Kuliah Planologi-Analisis Pusat Pelayanan dengan Menggunakan Skalogram (Skala Guttman)

3 Variety Show Korea Paling Lucu dan Konyol